banner

Membahas Kesehatan Khusus Qaqa Qaqa Yang Cakeb

Beberapa Hal Penting untuk Merawat Gigi dan Mulut

Bukan rahasia lagi bahwa kesehatan mulut itu penting. Kebersihan mulut yang buruk dapat menyebabkan kerusakan gigi, penyakit gusi, dan masalah yang lebih serius di kemudian hari. Untungnya, merawat gigi dan mulut Anda sederhana dengan beberapa kebiasaan dan strategi.

Gigi dan gusi yang sehat memudahkan untuk makan dengan baik dan menikmati makanan yang lezat. Beberapa masalah dapat memengaruhi kesehatan mulut, tetapi perawatan yang tepat dapat menjaga gigi dan gusi Anda tetap kuat seiring bertambahnya usia.

Pada artikel ini, kami akan menguraikan beberapa hal terpenting yang perlu Anda ketahui tentang kebersihan mulut dan cara merawat gigi dan mulut Anda.

Kerusakan Gigi

Gigi ditutupi dengan lapisan luar yang keras yang disebut email. Setiap hari, lapisan tipis bakteri yang disebut plak menumpuk di gigi Anda.

Bakteri dalam plak menghasilkan asam yang merusak email gigi dan menyebabkan kerusakan gigi. Menyikat gigi dan flossing dapat mencegah gigi berlubang, tetapi begitu gigi berlubang terjadi, dokter gigi harus mengembalikannya dengan tambalan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Gunakan pasta gigi berfluoride untuk melindungi gigi Anda dari gigi berlubang. Jika Anda berisiko tinggi mengalami kerusakan gigi (misalnya, jika mulut Anda kering karena kondisi medis atau obat yang Anda minum), Anda mungkin memerlukan lebih banyak fluoride.

Dokter gigi atau ahli kesehatan gigi Anda mungkin memberi Anda perawatan fluoride selama kunjungan dokter Anda atau mungkin menginstruksikan Anda untuk menggunakan gel fluoride atau obat kumur di rumah.

Radang Gusi

Penyakit gusi dimulai dengan penumpukan plak di sepanjang atau di bawah garis gusi. Plak menyebabkan infeksi dan merusak gusi dan tulang yang menopang gigi. Pada penyakit gusi ringan, gusi menjadi merah, sensitif, dan mudah berdarah. Masalah ini, yang disebut gingivitis, seringkali dapat diatasi dengan menyikat gigi dan flossing setiap hari.

Penyakit periodontal yang lebih serius yang disebut periodontitis memerlukan perawatan oleh dokter gigi. Jika tidak diobati, infeksi ini dapat menyebabkan sakit gusi, pendarahan, nyeri saat mengunyah, dan bahkan kehilangan gigi.

Cara mencegah penyakit periodontal:

  • Sikat gigi Anda dengan pasta gigi berfluoride dua kali sehari.
  • Floss secara teratur.
  • Kunjungi dokter gigi Anda secara teratur untuk pemeriksaan dan pembersihan. Beri tahu dokter gigi Anda tentang kondisi medis Anda dan obat apa pun yang Anda minum. Makan makanan yang seimbang.
  • DILARANG MEROKOK Merokok meningkatkan risiko penyakit periodontal.

Cara Membersihkan Gigi dan Gusi

Ada cara yang benar untuk menyikat dan menggunakan benang. Setiap hari: Serangkaian 3 foto yang menunjukkan cara menggunakan benang gigi

  • Gunakan sikat berbulu lembut dan pasta gigi berfluoride untuk menyikat seluruh gigi dengan lembut. Ganti sikat gigi Anda setiap 3-4 bulan sekali.
  • Gunakan gerakan melingkar kecil dan gerakan maju mundur pendek.
  • Sikat dengan lembut di sepanjang garis gusi. Sikat lidah dengan lembut atau gunakan pengikis lidah untuk menjaga kebersihan mulut.
  • Bersihkan sela-sela gigi Anda dengan benang gigi, benang gigi pra-instal, benang air, atau produk serupa. Menghilangkan plak dan partikel makanan yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi.
  • Bilas setelah flossing.

Orang dengan radang sendi atau kondisi lain yang membatasi gerakan tangan mungkin merasa sulit untuk memegang dan menggunakan sikat gigi.

  • Gunakan sikat gigi listrik atau yang dioperasikan dengan baterai.
  • Belilah sikat gigi dengan gagang besar.
  • Amankan gagang sikat gigi ke tangan Anda dengan karet gelang lebar.

Dua tangan menunjukkan cara memegang sikat gigi dengan lebih baik dengan pemegang alat dan karet gelang. Jika gusi Anda berdarah karena menyikat gigi atau flossing, atau jika mulut Anda sakit, temui dokter gigi Anda. Jika Anda tidak suka flossing, pemegang benang gigi dapat membantu. Mintalah dokter gigi Anda untuk menunjukkan cara menggunakan benang gigi dengan benar.

Gigi Palsu

Gigi palsu (dentures) mungkin diperlukan untuk menggantikan gigi yang telah rusak parah atau hilang karena penyakit periodontal. Gigi tiruan sebagian dapat digunakan untuk menggantikan satu atau lebih gigi yang hilang. Gigi palsu pada awalnya tidak nyaman. Pertama, Anda mungkin ingin sering mengunjungi dokter gigi untuk memastikan gigi palsu Anda terpasang dengan benar. Seiring waktu, gusi Anda bisa berubah bentuk dan gigi palsu Anda mungkin perlu disesuaikan atau diganti. Selalu serahkan penyesuaian ini kepada dokter gigi Anda.

Jika Anda memakai gigi palsu, Anda mungkin merasa sulit untuk merasakan makanan dan minuman panas, atau melihat tulang di makanan Anda, jadi berhati-hatilah. Dengan cara ini mungkin membantu kamu:

  • Mulailah dengan makanan lunak dan tidak berminyak.
  • Potong makanan menjadi potongan-potongan kecil.
  • Kunyah perlahan di kedua sisi mulut Anda.

Jaga kebersihan gigi palsu Anda dan bebas dari makanan yang dapat menodai atau menyebabkan bau mulut. Hindari camilan renyah yang dapat tersangkut di bawah gigi palsu Anda dan melukai gusi Anda. Bersihkan gigi palsu Anda setiap hari dengan produk perawatan gigi palsu dan rendam dalam air atau pembersih gigi palsu di malam hari. Untuk menghindari gusi bengkak, jangan memasukkannya ke dalam mulut saat Anda tidur.

Mulut Kering

Xerostomia terjadi ketika tidak ada cukup air liur atau air liur untuk menjaga kelembapan mulut. Makan, menelan, mencicipi, dan bahkan berbicara bisa jadi sulit. Xerostomia dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi, infeksi jamur di mulut, dan kerusakan gigi. Banyak obat umum dapat menyebabkan masalah ini. Misalnya, obat untuk tekanan darah tinggi, depresi, dan masalah kontrol kandung kemih sering menyebabkan mulut kering.

Apa yang dapat Anda lakukan dapat membantu. Cobalah minum air putih atau minuman bebas gula. Berhenti merokok dan hindari alkohol, kafein, minuman ringan, dan jus buah asam. Hindari makanan pedas atau asin. Permen bebas gula yang sedikit asam dan permen karet bebas gula dapat membantu. Dokter gigi atau dokter Anda mungkin menyarankan menggunakan air liur buatan untuk menjaga kelembapan mulut Anda.

Kanker mulut

Kanker mulut dapat dimulai di mana saja di mulut atau tenggorokan, termasuk lidah. Ini lebih mungkin terjadi pada orang di atas usia 40 tahun. Pemeriksaan gigi adalah saat yang tepat bagi dokter gigi Anda untuk memeriksa tanda-tanda kanker mulut. Nyeri biasanya bukan gejala pertama penyakit. Pengobatan paling efektif bila diberikan sebelum penyakit menyebar dan mungkin dapat pergi ke pengobatan tradisional cina yang dapat membantu mencegah hal tersebut. Bahkan jika Anda kehilangan semua gigi asli Anda, Anda harus mengunjungi dokter gigi secara teratur untuk pemeriksaan kanker mulut.

Ada beberapa cara untuk mengurangi risiko terkena kanker mulut:

  • Jangan menggunakan tembakau, tembakau kunyah, tembakau jerami, pipa, cerutu atau produk tembakau lainnya.
  • Jika Anda minum alkohol, minumlah dalam jumlah sedang.
  • Gunakan lip balm dengan tabir surya.
  • Rokok elektronik (e-rokok) relatif baru dan para ilmuwan masih mempelajari efek kesehatan jangka panjangnya. Namun, kita tahu bahwa uap rokok elektrik mengandung bahan kimia karsinogenik.

Temukan perawatan gigi murah

Perawatan gigi bisa mahal. Medicare tidak mencakup perawatan gigi rutin, dan beberapa negara bagian membatasi cakupan gigi Medicaid. Pertimbangkan asuransi gigi swasta untuk manula. Cari tahu tarif dan layanan apa yang tercakup.

Baca Juga: Mari Merawat dan Menjaga Kesehatan Mata

Leave a Reply

Your email address will not be published.